Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis <p><strong>Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) E-ISSN 2599-283X </strong>is a peer reviewed that mediate the dissemination of researchers in Entrepreneurship And Business Development. The journal is published by UPN Veteran Jawa Timur. The Editorial goal is to provide a forum exchange and an interface between researchers and practitioners in any Entrepreneurship And Business Development related field. We accept submission from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for other publication. Journal of MEBIS published twice in a year, July and December</p> en-US Tue, 07 Dec 2021 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH WHISTLEBLOWING TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN DALAM PENGELOLAAN BOS DENGAN VARIABEL INTERVENING KOMPONEN STUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/449 <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empiris, membuktikan serta menganalisis pengaruh whistleblowing terhadap pencegahan kecurangan, <em>whistleblowing</em> terhadap komponen struktur pengendalian internal, komponen struktur pengendalian internal terhadap pencegahan kecurangan dan juga pengaruh <em>whistleblowing</em> terhadap pencegahan kecurangan dengan komponen stuktur pengendalian internal sebagai variabel intervening pada institusi pendidikan SMA dan SMK Negeri di Lamongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk persepsi dari responden. Kuisioner digunakan sebagai instrumen penelitian untuk mengetahui apakah pengaruh hubungan variabel sehingga mendapatkan informasi spesifik mengenai <em>whistleblowing</em> (X), komponen struktur pengendalian internal (Z) terhadap pencegahan kecurangan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Lamongan yang menerima dana BOS sejumlah 19 Sekolah. Untuk menentukan besarnya sampel pada penelitian ini menggunakan rumus dari Slovin, dan didapatkan jumlah sampel sebesar 90 data. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS 3.0 untuk menguji hubungan antar variabel. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel <em>Whistleblowing</em> memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Pencegahan Kecurangan, <em>Whistleblowing</em> memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Komponen Stuktur Pengendalian Internal, Komponen Stuktur Pengendalian Internal memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Pencegahan Kecurangan, Komponen Stuktur Pengendalian Internal tidak terbukti sebagai variabel Intervening dalam hubungan antara Pengaruh Komponen Stuktur terhadap Pencegahan Kecurangan.</p> Farida Maria Dewi, Sri Trisnaningsih Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/449 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DI KOPI PRAJA, BINTARO TANGERANG SELATAN https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/453 <p>Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Praja, Bintaro, Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan. Metode yang digunakan adalah metode &nbsp;analisis regresi berganda dengan menggunakan <em>software </em>SPSS 25. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kopi Praja, Bintaro, Tangerang Selatan. Jumlah sampel sebesar 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Pengambilan data didapat dari penyebaran kuesioner dengan menggunakan <em>google form</em>. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pihak Kopi Praja diharapkan Saran dalam penelitian ini untuk pihak Kopi Praja, Bintaro, Tangerang adalah mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas produk dengan menambahkan produk-produk baru yang <em>inovative</em>, kemudian melakukan <em>pricing strategy</em> yang kompetitif agar konsumen tetap merasa puas dengan penawaran harga yang terjangkau yang diikuti dengan kualitas produk yang tinggi dan&nbsp; baik, sehingga konsumen tidak beralih ke pihak kompetitor.</p> Andhalia Marie Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/453 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 REPUTASI KAP MEMODERASI PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Study Empiris Perusahaan Sektor Infrastructure, Utilities, dan Transportation Tahun 2016-2018) https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/454 <p>Beberapa tahun terakhir perkembangan bisnis terjadi begitu pesat. Hal ini juga ditandai dengan terdaftarnya beberapa perusahaan pada BEI menjadi badan usaha umum. Semua perusahaan yang masuk pada daftar di “Bursa Efek Indonesia” diharuskan menyusun dan melaporkan laporan keuangan yang mengikuti “Standar Akuntansi Keuangan” serta sudah diperiksa dan diaudit para akuntan umum yang tertera pada Otoritas Jasa Keuangan. Tujuan akhir dari observasi ini dilakukan untuk mencoba dan menganalisa efek “profitabilitas” serta ukuran perusahaan suatu badan usaha terhadap “Audit Delay” serta Reputasi KAP sebagai moderasinya. Representatif kajian sebanyak 45 laporan keuangan yang bersumber dari 15 badan usaha sepanjang 3 periode serta menggunakan “Teknik <em>purposive sampling</em>”. “Teknik analisis data” menggunakan “PLS”. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel “Profitabilitas” kurang memberikan efek pada “audit <em>delay</em>”, sedangkan ukuran perusahaan mampu mempengaruhi pada terjadinya “audit delay”.&nbsp; “Reputasi KAP” dapat menjadi mediator hubungan&nbsp; antara Ukuran Perusahaan dengan “audit <em>delay</em>”.</p> Anggy Pradewa, Hero Priono Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/454 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 PERAN INKUBATOR BISNIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/455 <p>Pembelajaran kewirausahaan merupakan proses penting dalam mewujudkan keberhasilan atau mencegah kegagalan bisnis baru, karena menyiratkan bahwa calon pengusaha memperoleh kompetensi yang diperlukan untuk memulai dan mengelola bisnis baru. Selain pembelajaran terkait teori dasar-dasar kewirausahaan, mahasiswa dirasa perlu untuk dibekali praktek secara langsung, bagaimana usaha tersebut akan dijalankan serta evaluasi terhadap usaha tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan proses wawancara terhadap mahasiswa yang merupakan calon wirausaha dan pemula yang sedang merintis usahanya. Tujuan&nbsp; penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terkait dengan akan dibentuknya Inkubator Bisnis di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jawa Timur, serta peran dari inkubator tersebut dalam meningkatkan kompetensi mahasiwsa dalam berwirausaha. &nbsp;Dilakukan dan ditemukan bahwa hasil dari wawancara yakni kebanyakan pelaku usaha tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam mengembangkan serta menjalankan bisnis yang sudah dibentuk. Hasil wawancara juga menyebutkan bahwa mahasiswa menyambut positif terkait akan dibentuknya Inkubator Bisnis di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jawa Timur. Maka dari itu perlu adanya inkubator bisnis yang mewadahi dan melakukan pembimbingan langsung sehingga mahasiswa terstimulus untuk menjadi pengusaha dan lebih memiliki kompetensi dalam manajemen strategis untuk mengelola bisnis baru dan yang sedang berjalan.</p> Arief Budiman Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/455 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH ENTREPRENEURIAL COMPETENCIES TERHADAP STUDENT’S ENTREPRENEURIAL INTENTION https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/456 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Entrepreneurial Competencies terhadap Student’s Entrepreneurial Intention</em>. Pengaruh <em>Entrepreneurial Competencies</em> dijelaskan dalam beberapa variabel antara lain <em>Recognizing opporuntinity, Training and skill, Risk-Taking Propensity, Inovativeness dan Information-Seeking</em> lalu dikaji pengaruhnya terhadap <em>Student’s Entrepreneurial Intention</em>. Penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Eksplanatori. Sampel penelitian adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yakni berjumlah 176 Mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling.&nbsp; Teknik analisis menggunakan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Recognizing opporuntinity, Risk-Taking Propensity dan Information-Seeking</em> memiliki pengaruh terhadap <em>Entrepreneurial Intention</em>, sedangkan <em>Training and Skill dan Inovativeness</em> tidak menunjukkan pengaruh terhadap <em>Entrepreneurial Intention</em>.</p> Mira Sari, Yudha Prakasa Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/456 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUSAJI PENYANDANG TUNARUNGU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEAF CAFE FINGER TALK https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/457 <p>Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh signifikasi kualitas pelayanan pramusaji penyandang tunarungu terhadap kepuasan konsumen pada Deaf Cafe fingertalk. Penelitian ini memfokuskan kepada konsumen yang datang pada Deaf Cafe fingertalk. Penelitian ini kualitas Pelayan sebagai variabel X dan Kepuasan konsumen sebagai variabel Y. Dimensi Kualitas Pelayanan yang diujikan yakni keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), dan Bukti Fisik (X5) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Peneliti menggali data dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data sehingga muncul data angka yang kemudian dianalisis dengan prosedur – prosedur statistik menggunakan SPSS dengan jawaban responden dengan menggunakan skala likert. Instrumen diuji dengan uji validasi dan reabilitas. Teknik untuk menentukan sampel penelitian ini dilakukan secara metode sampling aksidental. Hasil hipotesis penelitian secara signifikan atas kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan/tamu di Deaf Cafe Fingertalk dengan ditentukan oleh dimensi keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), dan Empati (X4) yang memiliki nilai pengaruh sangat signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y).</p> Nita Komala Dewi, Neng Siti Komariah, Ratna Suminar Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/457 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 DUKUNGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/458 <p>Pandemi Covid 19 membuat banyak sektor terpuruk salah satunya Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor ini mengalami kerugian yang signifikan karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemerintah dan banyak pihak memberikan dukungan agar sektor ini tetap bertahan dan kembali pulih. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dukungan pengguna Twitter terhadap UMKM di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan interpretasi netnografi untuk menganalisis postingan di media sosial Twitter. Subjek penelitian adalah semua pengguna media sosial Twitter. Pengumpulan data melalui kunci UMKM pandemi. Data tersebut dikumpulkan menggunakan perangkat lunak Ncapture dan dianalisis lebih lanjut menggunakan perangkat lunak Nvivo 12. Data yang diambil adalah semua cuitan langsung atau “tweet” sampai tanggal 7 Juni 2021 dan terkumpul 419 tweet. Hasil penelitian menunjukan, banyak dukungan terhadap pelaku UMKM dari berbagai pihak. Mulai dari akun Twitter pribadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan program Lapak Ganjar, akun fanpage selebritis Vincent dan Desta, serta akun selebritis dan influencer lain yang memberikan dukungan melalui promosi gratis bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka. Penelitian ini juga menunjukkan beberapa kata dan frasa yang sering muncul seperti “bantuan”, “membantu” dan “bersama bangkit”. Dukungan lain juga diberikan dalam bentuk sharing informasi mengenai bantuan dan support untuk tetap bertahan di tengah pandemi.</p> Fondina Gusriza Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/458 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/459 <p>Kebijakan dividen menyangkut tentang masalah penggunaan laba yang menjadi hak para pemegang saham, laba tersebut bisa dibagi sebagai dividen atau ditahan untuk diinvestasikan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Properti dan <em>Real Estate</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Properti dan <em>Real Estate</em> yang berjumlah 77 Perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapat sebanyak 30 sampel perusahaan pada perusahaan Properti dan <em>Real Estate</em>. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode Dokumentasi, dengan data berupa laporan keuangan yang diperoleh dari www.idx.co.id.Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Kemudian variabel Ukuran Perusahaan,<em> Leverage, </em>Likuiditas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada Perusahaan Properti dan <em>Real Estate</em> di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.</p> Raja Fikri Ilham, Agus Endro Suwarno Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/459 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/450 <p>Sektor perekonomian merupakan sektor yang saat ini berkembang pesat. Banyak pelaku bisnis yang membangun usaha sendiri baik itu usaha formal maupun informal, salah satunya UMKM yang memegang peran dalam menambah pemasukan negara dalam bentuk devisa. Jawa Timur menjadi provinsi dengan kinerja perekonomian yang tumbuh lebih unggul dari provinsi lain di pulau Jawa. Satu diantara faktor yang ada yang mendorong hal di atas karena di Mojokerto terdapat salah satu usaha unggulan yaitu usaha alas kaki. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh antara efikasi diri dan jiwa kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha para pelaku bisnis. Subjek pada penelitian ini yaitu para pelaku bismis usaha alas kaki di Kota Mojokerto yang berjumlah 214 unit usaha dan menggunakan 69 sampel yang ditentukan dengan teknik slovin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis SEM-PLS (<em>Structural Equation Model</em> – <em>Partial Least Square</em>). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan jiwa kewirausahaan berkontribusi terhadap keberhasilan usaha para pelaku bisnis.</p> Kustini, Dea Talitha Rahma, Endang Iriyanti Copyright (c) 2023 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/450 Wed, 01 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH KONTEN PEMASARAN INSTAGRAM @TUMBAS.ORIGINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TAHUN 2020 https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/461 <p>Penelitian ini untuk mengetahui konten pemasaran instagram terhadap keputusan pembelian konsumen. Pemilihan umkm @Tumbas.origine sebagai objek ini dikarenakan pesatnya pasar persaingannya yang sama dalam mempromosikan produk melalui sosial media instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode <em>non-probability sampling</em> , dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Dimensi&nbsp; yang digunakan dalam penelitian ini ada lima, yaitu Reader Cognition, Sharing Motivation, Persuassion, Decision Making dan Life Factors. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online (e-kuesioner) pada konsumen yang mengikuti akun instagram umkm @Tumbas.origine. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten pemasaran instagram (X) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini terbukti bahwa Uji Parsial (Uji t) menunjukan bahwa berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Hal ini terbukti bahwa hasil nilai sig. t (0,000) &lt; sig. α (0,05) dan hasil koefisien determinasi (Adjust R Square) sebesar 0,223 atau setara dengan 22,3% yang artinya variable bebas dapat mempengaruhi variable terikat sebesar 22,3% sedangkan 77,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya umkm @Tumbas.origine melakukan inovasi baru dengan menyajikan konten yang mempunyai nilai edukasi seperti membuat konten kuis maupun tips dan trik ciri khas umkm untuk semakin menarik keputusan pembelian audience menjadi konsumen.</p> Annisa Putri Sania, Pramitha Aulia Copyright (c) 2021 Jurnal Mebis https://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/461 Wed, 30 Aug 2023 00:00:00 +0000