PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE WISATA BAHARI JAWA TIMUR

Authors

  • Rudi Santoso Administrasi Perkantoran, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Rahayu Shinta Administrasi Perkantoran, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Achmad Yanu Alif Fianto Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.56

Keywords:

Tourism marketing, service markerting mix, visit decision

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi (1) pengaruh produk tehadap keputusan berkunjung, (2) pengaruh harga tehadap keputusan berkunjung, (3) pengaruh promosi tehadap keputusan berkunjung,  (4) pengaruh lokasi tehadap keputusan berkunjung,  (5) pengaruh orang tehadap keputusan berkunjung, (6) pengaruh proses tehadap keputusan berkunjung, (7) pengaruh bukti fisik tehadap keputusan berkunjung di objek wisata pantai yang ada di daerah Pasuruan dan Probolinggo; serta mengindentifikasi (8) pengaruh produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, serta bukti fisik secara simultan tehadap keputusan berkunjung di objek wisata pantai yang ada di daerah Pasuruan dan Probolinggo. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dimana instrumen yang digunakan berbentuk angket dengan sistem survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa program sarjana manajemen di Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan diperoleh sebanyak 174 mahasiswa. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan CFA yang dilengkapi dengan rumus Alpha Cronbach untuk menguji reliabilitas instrumen penelitian; serta menggunakan metode analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa komponen bauran pemasaran jasa yang dalam penelitian ini dirinci menjadi variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik terbukti secara parsial memengaruhi variabel keputusan berkunjung. Ditemukan juga bahwa variabel independen dalam penelitian ini secara simultan juga memengaruhi variabel keputusan berkunjung.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Santoso, R. ., Shinta, R. ., & Yanu Alif Fianto, A. . (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE WISATA BAHARI JAWA TIMUR. Jurnal Mebis, 4(2), 73–86. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.56