KONTRIBUSI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PERAN KEUNGGULAN BERSAING

Authors

  • Adimas Prabowo Bank Perkreditan Rakyat Cabang Surabaya
  • Gendut Sukarno Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.50

Keywords:

Customer relationship management; keunggulan bersaing, kinerja pemasaran

Abstract

Salah satu strategi yang diterapkan organisasi untuk mempelajari kebiasaan dan keperluan pelanggan dinamakan Customer Relationship Management (CRM). Perusahaan yang unggul adalah mempunyai kelebihan disegala aspek dibanding pesaing, diharapkan mampu memberikan  dampak terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi  CRM dan keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya sebanyak 75 nasabah sebagai responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dari olah data menghasilkan temuan Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap   Keunggulan Bersaing. Serta Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti   terhadap   Kinerja Pemasaran, adapun Keunggulan Bersaing mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti   terhadap  Kinerja Pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Prabowo, A. ., & Sukarno, G. . (2023). KONTRIBUSI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PERAN KEUNGGULAN BERSAING. Jurnal Mebis, 4(1), 27–35. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.50

Issue

Section

Articles