KONTRIBUSI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PERAN KEUNGGULAN BERSAING

  • Adimas Prabowo
  • Gendut Sukarno
Keywords: Customer relationship management; keunggulan bersaing, kinerja pemasaran

Abstract

Salah satu strategi yang diterapkan organisasi untuk mempelajari kebiasaan dan keperluan pelanggan dinamakan Customer Relationship Management (CRM). Perusahaan yang unggul adalah mempunyai kelebihan disegala aspek dibanding pesaing, diharapkan mampu memberikan dampak terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi CRM dan keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya sebanyak 75 nasabah sebagai responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dari olah data menghasilkan temuan Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Keunggulan Bersaing. Serta Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Kinerja Pemasaran, adapun Keunggulan Bersaing mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Kinerja Pemasaran.

References

Baharudin, Yakub. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Customer Relatonship Management Terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Diponegoro Journal of Management, 5(3).
Halim, dkk. (2012). Kapabilitas Pemasaran sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Menengah di Sulawesi Tenggara). Jurnal Aplikasi Manajemen.
Kotler, Philip dan Armstrong Gary. (2003). Dasar-dasar Pemasaran, (Jilid 1, Edisi Kesembilan). Jakarta: PT Indeks Gramedia.
Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid I. Edisi ke 13). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta:: Salemba Empat.
Nguyen, T. H., Sherif, J. S., and Newby, M. (2007). Strategies for successfull CRM implementation, Information Management & Security. Emerald
Group Publishing Limited, 15(2),102-115,
Purnama, Nursya’bani dan Setiawan, Hery. (2003). Analisis Pengaruh Sumber-sumber Keunggulan Bersaing Bidang Pemasaran Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia
Sin, et al. H.K. (2005). CRM: Conceptualization and Scale Development. European Journal of Marketing, 39(11/12), 1264-1290.
Siregar, Apriany. (2016). Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Strategi Bisnis Terhadap Keunggulan Bersaing dalam meningkatkan Kinerja Unit, Studi Bank BNI Kantor Wilayah 05.
Wold, H.O.A. (1982). Soft Modeling: The Basic Design and Some Extensions. In: Joreskog, K.G. and Wold, H.O.A., Eds., Systems under Indirect Observations: Part II, North-Holland, Amsterdam, 1-54.
Published
2019-07-31
Section
Articles