DAMPAK PELATIHAN “SERVICE EXCELLENCE” TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) KOTA KEDIRI

  • Edy Djoko Soeprajitno
  • Wawan Herry Setyawan
  • Dhiyan Septa Wihara
Keywords: Service excellence, kinerja karyawan, BPR Kota Kediri

Abstract

Setiap lembaga keuangan pasti selalu berupaya untuk meningkatkan kepuasan nasabah melalui pelayanan yang diberikan karyawan. tidak terkecuali dengan BPR kota kediri yang senantiasa melayani nasabah dengan sepenuh hati. Perusahaan ini selalu menjaga kinerja karyawan agar tetap stabil salah satunya dengan memberikan pelatihan “service excellence”dengan tujuan agar karyawan memiliki kinerja yang baik dan meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kinerja karyawan BPR Kota Kediri sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan service excellence. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan BPR Kota Kediri dan sampelnya adalah karyawan, kepala kas dan kepala bagian yang berjumlah 30 orang dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Teknik analisis menggunakan uji normalitas data sebagai dasar penentuan analisis selanjutnya. Jika data bersifat normal maka dilakukan uji paired sampel t test dan jika tidak normal maka menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kinerja karyawan BPR Kota Kediri sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan service excellence yang dilihat dari pemahaman pekerjaan/kompetensi, kualitas/kuantitas kerja, inisiatif/ komitmen, kreativitas, kerjasama, kemampuan membangun hubungan dengan orang lain, kemampuan komunikasi.

References

Darmawan, yuniar, Y. Supartha, Gede, W. Rahyuda, Ganesha, Agoes. (2017). Pengaruh Pelatihan terhadap motivasi dan kinerja di Prama Sanur Beach - Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(3).
Noor, Juliansyah. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Ramdhani , Arif (2012). Penilaian Kinerja. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.
Ramdhani , Arif (2012). Penilaian Kinerja. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.
Rahmayanty, Nina. (2012) Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu, hlm. 17-18.
Simanjuntak. 2005. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widiyanto, M.A. (2013). Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/Lisrel dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Published
2019-12-31
Section
Articles