ANALISIS PENGARUH STRES MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.57Keywords:
Self-Efficacy, Self-Disclosure, Emotional Quotient (EQ) dan Stres MahasiswaAbstract
Permintaan akan kualitas pendidikan terus meningkat, pemerintah memunculkan standar tinggi untuk menghadapi industri 4.0. Mahasiswa sebagai instrumen pendidikan khususnya pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompetitif. Salah satu masalah dalam fase pendidikan tinggi adalah penyelesaian skripsi yang dapat memicu stres mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghubungkan variabel endogen yaitu Self-Efficacy, Self-Disclosure dan Emotional Quotient (EQ) yang juga menjadikan EQ sebagai variabel moderator kepada variabel eksogen yaitu Stres Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengambil skripsi lebih dari satu tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Self-Efficacy, Self-Disclosure dan EQ mempunyai pengaruh signifikan pada stres mahasiswa (2) EQ mempunyai pengaruh moderator negatif pada Self-Efficacy dan pengaruh moderator positif pada Self-Disclosure (3) Peran dosen sebagai pembimbing mahasiswa sangat penting untuk mempengarhui stres mahasiswa