PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP E-COMMERCE INTENTION MELALUI APLIKASI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA DI SURABAYA

  • Okto Aditya Suryawirawan
Keywords: E-commerce, perceived ease of use, perceived usefulness, intention

Abstract

Pertumbuhan e-commerce yang pesat dalam kurun waktu 4 tahun terakhir menjadi peluang bisnis yang sangat potensial di Indonesia. Peluang tersebut dapat menjadi alternatif solusi bagi pengangguran di Indonesia yang meningkat pada tahun 2017. Namun melihat bahwa industri digital tergolong industri yang padat modal, perlu kemudian kiranya dikaji kembali arah pemanfaatan peluang tersebut. Fokus dari penciptaan lapangan kerja sebaiknya tidak pada penciptaaan platform-platform e-commerce yang semakin banyak, namun pada bagaimana calon pelaku bisnis dan pelaku bisnis yang sudah ada dapat memanfaatkan platform-platform e- commerce tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived ease of use danperceived usefulness terhadap e-commerce intention melalui aplikasi online shop di Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen. Hubungan antar variabelnya kemudian diuji menggunakan partial least square dengan software smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap e- commerce intention dan pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap perceived usefulness. Pengaruh perceived usefulness terhadap e-commerce intention ditemukan positif namun tidak signifikan.

 

References

Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.
Almaimouni, A., Houghton, L. dan Sandhu, K. (2014). Impact of Social Influence on Entrepreneurs to Use E-Commerce in Saudi Arabia. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(6), 7761-7772.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2016). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Diakses dari https://apjii.or.id/content/read/39/26 4/survei-internet-APJII-2016#
Badan Pusat Statistik. (2017). Berita Resmi Statistik. No. 103/11/Th. XX
Balea, J. 2017. Alibaba leads $1.1b investment in Indonesia’s Tokopedia. Diakses pada November 11, 2017, dari https://www.techinasia.com/alibaba- leads-11b-investment-indonesias- tokopedia
Bennani A. E. dan Oumlil, R. (2014). Acceptance of E-Entrepreneurship by Future Entrepreneurs in Developing Countries: Case of Morocco. Journal of Entrepreneurship Research and Practice, 2014, 1-10.
Carr, J. C. dan Sequira, J. M. (2007). Prior Family Business Exposure As Intergenerational Influence and Entrepreneurial Intent: A Theory of Planned Behavior Approach. Journal of Business Research, 60(10), 1090-1098.
Ciputra, A. Tanan, A. Waluyo. (2011).
Ciputra Quantum Leap 2: Kenapa dan Bagaimana Entrepreneurship Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo
Davis F. D., Bagozzi, R. P. dan Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982-1003.
Ekayanti, Y.2016. E-Commerce Industry One Step Ahead: How to get sales leads. Diakses November 11, 2017, dari https://adways.co.id/blog/e- commerce-industry-one-step-ahead- how-to-get-sales-leads
Ferreira, J. J., et al. (2012). A model of Entrepreneurial Intention: an Application of the Pyschological and Behavioral Approaches. Journal of Small Business and Enterprise Development, 19(3), 424-440.
Geffen, D. dan Straub, D. (2000). The Relative Importance of Perceived Ease of Use in IS Adoption: A Study of E-Commerce Adoption. Journal of the Association for Information System, 1(8), 1-30.
Gosset, W. S. (1908). The Probable Error of a Mean. Biometrika, 6(1), 1-25.
Koesmawardhani, N. W. 2015. Nadiem Makarim, Pendiri Go-Jek yang Sudah Bantu 10 Ribu Sopir Ojek. Diakses November 13, 2017, dari https://news.detik.com/tokoh/d- 2938089/nadiem-makarim-pendiri- go-jek-yang-sudah-bantu-10-ribu- sopir-ojek
Koh, H. C. (1996). Testing Hypotheses of Entrepreneurial Characteristic: A Study of Hong Kong MBA Student. Journal of Managerial Psychology, 11(3), 12-23.
Kulas, J. T. (2008). SPSS Essentials: Managing and Analyzing Social Sciences Data. New Jersey: John Wiley & Sons
Letchumanan, M. dan Muniandy, B. (2013). Migrating to E‐ Book: A Study on Perceived Usefulness And Ease of use. Library Hi Tech News, 30(7), 10-16.
Lumpkin, G. T. dan Dess, G. G. (1996). Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking it to Performance. Academy of Management Review, 21(1), 135- 172.
Manuwu, J. P. (2016). Kantor Tokopedia - Hijau, Muda, Bergelora!. Diakses pada November 10, (2017), dari https://id.techinasia.com/bedah- kantor-tokopedia
Matlay, H., dan Martin, L. M. (2009). Collaborative and Competitive Strategies in Virtual Teams of E- Entrepreneurs: a pan-European Perspective. Australasian Journal of Information Systems, 16(1), 99-115.
Maulana, A. (2016). Bukalapak.com Dorong UKM Beralih ke E- commerce. Diakses pada November 10, 2017, dari https://www.cnnindonesia.com/tekn ologi/20160624095429-185- 140599/bukalapakcom-dorong-ukm- beralih-ke-e-commerce/
Moriano, J. A., Gorgievski, M. dan Laguna, M. (2011). A Cross- Cultural Approach to Understanding Entrepreneurial Intention. Journal of Career Development, 39(2), 162- 185.
Murphy, M. (2016). Google’s parent company, Alphabet, now has over 61,000 employees. Diakses
Century. Amerika Serikat: McGraw-
Hill/Irwin
Tsang, K. K. (2012). The Use of Midpoint
on Likert Scale: The Implication for Educational Research. Hong Kong Teachers’ Centre Journal, 11, 121- 130.
Qiu, L. dan Li, D. (2008). Applying TAM in B2C E-Commerce Research: An Extended Model. Tsinghua Science & Technology, 13(3), 265-272.
November 11, 2017,
dari
https://qz.com/607475/googles- parent-company-alphabet-now-has- over-61000-employees/
Panji, A. (2017). Go-Jek Dilaporkan Raih Investasi Baru Rp 16 Triliun. Diakses pada November 11, 2017, dari https://kumparan.com/aditya- panji/go-jek-dilaporkan-raih- investasi-rp-16-triliun-yang- dipimpin-tencent
Pratama, A. H. (2016). 5 Strategi Pemerintah untuk “Melahirkan” 1.000 Startup Digital di Indonesia. Diakses pada November 10, 2017, dari https://id.techinasia.com/pemerintah -luncurkan-gerakan-nasional-1000- startup-digital
Shook, C. L. dan Bratianu, C. (2010). Entrepreneurial Intent in a
Transitional Economy: Application of The Theory of Planned Behavior to Romanian Students. International Entrepreneurship and Management Journal, 6(3), 231-247.
Timmons, J. A. dan Spinelly, S. 2011.
New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st
Published
2019-07-31
Section
Articles