EFIKASI DIRI DAN TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP SEBAGAI PERDIKTOR TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN

  • Gusti Ayu Ryana Mahasari
Keywords: Kepuasan kerja, efikasi diri, transformational leadership

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu hal yang perlu dijadikan landasan bagi orang-orang yang bergerak dalam pengembangan Sumber Daya Manusia pada masa ini. Persaingan kerja yang semakin meningkat dan kemudahan akses mencari lapangan kerja tidak hanya menuntut pekerja untuk meningkatkan skill didalam dirinya, tetapi juga tantangan bagi perusahaan agar bisa mempertahankan karyawan yang dianggap baik dalam perusahaan. Untuk mempertahankan retensi karyawan, maka karyawan perusahaan perlu untuk mencapai sebuah kepuasan kerja. Kepuasan kerja dapat diperoleh dari segi internal (diri sendiri) dan juga eksternal (lingkungan, atasan, dan lain-lain). Oleh karena itu, pada kajian literasi ini akan dibahas mengenai penelitian- penelitian yang berkaitan dengan kepuasan kerja, yaitu efikasi diri dari segi internal, dan transformational leadership sebagai penentu eksternal.

References

Munir, Ros Intan Safinas, Ramlee Abdul Rahman, Ariff. Md. Mb. Malik, & Hairunisa Ma’amor. (2012). Relationship Between Transformational Leadership and Employee Job Satisfaction among The Academic Staff. Procedia - Social and Behavioral Science, 65, 885-890.
Sugandhi, Raymond. (2012). Analisis Pengaruh Efikasi Diri dan Effort Terhadap Kepuasan Kerja yang Berdampak Pada Turnover Intention di PT. Alsun Suksesindo. http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/2747 1
Yang, Yi-Feng & Majidul Islam. (2012). The Influence of Transformational Leadership on Job Emerald Insight - Accounting and Change, 8(3), 386-402.
Satisfaction. Journal of Organizational
Published
2019-07-31
Section
Articles