PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK AGROINDUSTRI ABON IKAN

  • Ristina Siti Sundari
  • Dona Setia Umbara
Keywords: Abon, ikan, konsumen, preferensi

Abstract

Abon ikan merupakan inovasi baru diversifikasi pangan dari ikan segar yang berukuran besar yang sudah menurun nilai jualnya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis preferensi konsumen terhadap abon ikan melalui atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin. Penelitian ini menggunakan empat atribut yaitu rasa, warna, tekstur dan harga abon ikan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa preferensi konsumen berfokus kepada hasil stimuli berdasarkan nilai kepuasan dan kepentingan atribut di dalamnya. Pada atribut rasa abon ikan patin dengan nilai kepuasan 0,1769. Pada atribut warna memiliki nilai kepuasan 0,068 untuk abon ikan lele. Pada atribut tekstur abon ikan lele memiliki nilai kepuasan 0,072 dan atribut harga Rp 25.000 s.d. Rp 30.000 pada abon ikan patin dengan nilai kepuasan 0,766. Preferensi konsumen dalam memutuskan membeli abon ikan lebih berdasarkan kepentingan rasa walaupun harganya lebih tinggi yakni pada abon ikan patin.

References

Albari dan Amalia, Dewi. (2008). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Paket Atribut Spesifikasi Produk sebagai terhadap Sinergi: Manajemen, 10(2), 67-79. Compromise Effect Pembelian Notebook. Kajian Bisnis dan
Dinas Perikanan dan Kelautan. (2014). Laporan Statistik Perikanan dan Kelautan Jawa Barat. Bandung: Pemerintah Propinsi Jawa Barat.
Kotler, P dan Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Puspitasari, Nia Budi dan Hasya, Afina. (2014). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Cocacola, Pepsi dan Big Cola di Kota Semarang. Seminar Nasional IENACO, 603-610, ISSN: 2337- 4349.
Nasution. (2011). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Rezki, Fauziah. (2012). Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan Pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar (Studi Kasus UD.Fatimah Azzahrah, UD.Ilo Mandiri, UD. Nurul Jaya Lestari Makassar). Makassar: STIE Makassar.
Santoso, S. (2010). Statistika Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. (2004). Analisis Multivariat. Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rieka Cipta.
Suryani, (2007). Pengertian Abon Ikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Tjiptono. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Published
2019-07-31
Section
Articles