PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA: STRATEGI MENGUATKAN PEREKONOMIAN

  • Wiwik Maryati
  • Ida Masriani
Keywords: Era digital, generasi muda, wirausaha, perekonomian

Abstract

Era digital telah memberikan dampak bagi perkembangan kehidupan, diantaranya adalah kehidupan dunia usaha (bisnis). Tanpa modal besar dan tempatpun orang bisa menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi melalui media sosial. Market place akan terbentuk dengan mudah melalui pemanfaatan teknologi tersebut. Fenomena ini disikapi dengan maraknya orang berbisnis online, tidak terkecuali di kalangan generasi muda. Jika di rumah saja dengan berbisnis online mereka dapat menghasilkan income, maka ini akan menjadikan mereka tidak akan berpikir untuk berburu menjadi PNS maupun urban ke kota atau ke luar negeri untuk mengais rejeki. Tentu saja ini berdampak pada terangkatnya perekonomian. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji strategi menguatkan perekonomian melalui peran teknologi digital dalam menciptakan peluang bisnis bagi generasi muda untuk berwirausaha. Penelitian dilakukan di Jombang dengan subyek penelitian mahasiswa yang juga berwirausaha. Metode kajian menggunakan kualitatif fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital memberikan peluang terbangunnya wirausaha pada generasi muda. Dengan memanfaatkan media sosial mereka dapat menjalankan bisnis dan mempunyai penghasilan sehingga dapat mencukupi kebutuhan. Penelitian ini memberikan rekomendasi, agar perekonomian masyarakat terangkat sebaiknya ada program pelatihan melek teknologi pada generasi muda khususnya di pedesaan. Tujuannya agar generasi muda pedesaan juga melek teknologi yang dampaknya pada semakin banyaknya wirausaha, perekonomian juga terangkat.

References

Anonymous. (2019). Profil kabupaten Jombang. www.google.com. Diakses 3 Juli 2019.
Ciputra. (2009). Solusi Job Creation di Tengah Krisis Global. SK Indopos (Sabtu 21 Pebruari 2009). Surat Kabar Harian. Jakarta.
Hesse, S.N. dan Biber. P.L. (2011). The Practice Of Qualitative Research. London: SAGE publication.
Hussey, D.E. (2000). How to Manage Organisasional Change. London: Kogan Page Limited.
Joewono. H. (2011). Strategi Pengembangan Kewirausahaan Nasional: Sebuah Rekomendasi Operasional. Jurnal Infokop, 19, 1- 23.
Kasmir. (2007). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Maryati, W dan Bambang, S. (2015).
Wibowo. (2016). Manajemen Perubahan. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Model Paguyuban Mempertahankan
Entrepreneur Community Kawasan Psantren Kota Jombang. Proceeding FMI.
Maryati, W. (2014). Penguatan Entrepreneur Community Kawasan
Pesantren
Manajemen
Meningkatkan
Masyarakat di Kabupaten Jombang. Proceeding SNM Universitas Trunojoyo.
Pinayani, Ani. (2006). Prospek Masa Depan Kewirausahaan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Koperasi, 1(1), 1-11.
Published
2019-12-31
Section
Articles