PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA: STRATEGI MENGUATKAN PEREKONOMIAN

Authors

  • Wiwik Maryati Program Studi Administrasi Bisnis, Unipdu
  • Ida Masriani Program Studi Manajemen, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.62

Keywords:

Era digital, generasi muda, wirausaha, perekonomian

Abstract

Era digital telah memberikan dampak bagi perkembangan kehidupan, diantaranya
adalah kehidupan dunia usaha (bisnis). Tanpa modal besar dan tempatpun orang bisa
menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi melalui media sosial. Market place akan
terbentuk dengan mudah melalui pemanfaatan teknologi tersebut. Fenomena ini disikapi dengan
maraknya orang berbisnis online, tidak terkecuali di kalangan generasi muda. Jika di rumah saja
dengan berbisnis online mereka dapat menghasilkan income, maka ini akan menjadikan mereka
tidak akan berpikir untuk berburu menjadi PNS maupun urban ke kota atau ke luar negeri untuk
mengais rejeki. Tentu saja ini berdampak pada terangkatnya perekonomian. Tulisan ini
bertujuan untuk mengkaji strategi menguatkan perekonomian melalui peran teknologi digital
dalam menciptakan peluang bisnis bagi generasi muda untuk berwirausaha. Penelitian dilakukan
di Jombang dengan subyek penelitian mahasiswa yang juga berwirausaha. Metode kajian
menggunakan kualitatif fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital
memberikan peluang terbangunnya wirausaha pada generasi muda. Dengan memanfaatkan
media sosial mereka dapat menjalankan bisnis dan mempunyai penghasilan sehingga dapat
mencukupi kebutuhan. Penelitian ini memberikan rekomendasi, agar perekonomian masyarakat
terangkat sebaiknya ada program pelatihan melek teknologi pada generasi muda khususnya di
pedesaan. Tujuannya agar generasi muda pedesaan juga melek teknologi yang dampaknya pada
semakin banyaknya wirausaha, perekonomian juga terangkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Maryati, W. ., & Masriani, I. (2023). PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA: STRATEGI MENGUATKAN PEREKONOMIAN. Jurnal Mebis, 4(2), 125–130. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.62