PENGARUH IKLAN HIJAU DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK ADES DI KABUPATEN JEMBER

  • Reiga Ritomiea Ariescy
  • Egan Evanzha Yudha Amriel
  • Reivica Anindita
Keywords: Iklan hijau, kesadaran lingkungan, minat beli, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh iklan hijau dan kesadaran lingkungan terhadap terhadap minat beli serta keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek Ades di Kabupaten Jember. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen air minum dalam kemasan merek Ades di Kabupaten Jember. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden. Sampel tersebt diambil menggunakan teknik purposive accidental sampling. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner berskala likert. Alat analisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, namun iklan hijau tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kesadaran lingkungan tidak berpengaruh terhadap minat beli, namun kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Minat beli signifikan dalam memediasi pengaruh iklan hijau terhadap keputusan pembelian, namun minat beli belum mampu memediasi pengaruh kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian.

References

Aqmala, Diana & Astrid Novianti. (2017). Pengaruh Pengetahuan Ekologis, Kemauan Membayar Lebih, dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 8(1), 17-28.
Brannan, Tom. (2005). Integrated Marketing Communication. Jakarta: PPM.
Ferdinand, Augusty. (2002).
Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Junaedi, M.F. Shellyana. (2005). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Jurnal BENEFIT, 9(2), 189-201.
Kotler, Philip. (2009) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kusumawati, Erna. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Sebagai Dampak Dari Implementasi Green Advertising. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 57-64.
Laksmi , Alit Devi & I Made Wardana. (2015). Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1902-1917.
Pawitaningtyas, Meida Rosani, Srikandi Kumadji & Sunarti. (2015). Pengaruh Green Advertising Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang Konsumen Air Mineral Kemasan Botol Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 1-7.
Paramita, Nyoman Dara & Ni Nyoman Kerti Yasa. (2015). Sikap Dalam Memediasi Hubungan Kesadaran Lingkungan Dengan Niat Beli Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 177-185.
Potabenko, Mariya. (2004). Research on Environmental Awareness in Ukraine. http//www.grida.m/impact/mp.envaw a/awreness.htm
Saladin, Djaslim. (2003). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Santoso, Imam & Rengganis Fitriyani. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9(2), 147-158.
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sumarwan, Ujang. (2012). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2019-12-31
Section
Articles