ANALISA PENGARUH IKLAN, CASHBACK DAN USER FRIENDLY TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DOMPET ELEKTRONIK OVO DI SURAKARTA

Authors

  • Oryza Rully Adhiyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “YKP” Yogyakarta
  • Aris Indriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “YKP” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.109

Keywords:

Pengaruh iklan, cashback, kemudahan penggunaan, user friendly, impulse buying

Abstract

Meningkatnya penggunaan uang digital atau yang kerap disebut e-money dalam 5 tahun terakhir membuka kesempatan bagi perusahaan untuk memasarkan produknya lebih luas. Pertumbuhan sebesar 361% sampai maret 2018. Salah satu dompet elektronik yang pertumbuhannya meningkat adalah OVO di bawah naungan PT Visionet Internasional.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor iklan, cashback serta kemudahan penggunaan (user friendly) dompet elektronik terhadap impulse buying konsumen dompet elektronik OVO di Surakarta. Bentuk analisa statistik yang digunakan adalah uji Validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik serta  analisa regresi berganda meliputi uji T dan uji F. Populasi dalam penelitian ini konsumen pengguna aktif OVO dengan memperhatikan kelompok usia, yaitu usia kelahiran 1965 – 2010 yang berdomisili di 5 kecamatan di Surakarta. Jumlah sample yang diambil sebanyak 200 sample. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini perusahaan dompet elektronik OVO dalam kegiatan marketingnya dapat memberikan penekanan pada 3 variabel yang terbukti berpengaruh terhadap impulse buying yaitu iklan, cashback, user friendly untuk melakukan penetrasi pasar. Di antara 3 variabel bebas tersebut, variable bebas user friendly merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap variabel terikat impulse buying.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Adhiyani, O. R. ., & Indriyanti, A. . (2023). ANALISA PENGARUH IKLAN, CASHBACK DAN USER FRIENDLY TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DOMPET ELEKTRONIK OVO DI SURAKARTA. Jurnal Mebis, 5(2). https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.109