PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUSAJI PENYANDANG TUNARUNGU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEAF CAFE FINGER TALK

Authors

  • Nita Komala Dewi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Neng Siti Komariah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ratna Suminar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v6i2.223

Keywords:

Pramusaji, tunarungu, kualitas pelayan, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh signifikasi kualitas pelayanan pramusaji penyandang tunarungu terhadap kepuasan konsumen pada Deaf Cafe fingertalk. Penelitian ini memfokuskan kepada konsumen yang datang pada Deaf Cafe fingertalk. Penelitian ini kualitas Pelayan sebagai variabel X dan Kepuasan konsumen sebagai variabel Y. Dimensi Kualitas Pelayanan yang diujikan yakni keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), dan Bukti Fisik (X5) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Peneliti menggali data dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data sehingga muncul data angka yang kemudian dianalisis dengan prosedur – prosedur statistik menggunakan SPSS dengan jawaban responden dengan menggunakan skala likert. Instrumen diuji dengan uji validasi dan reabilitas. Teknik untuk menentukan sampel penelitian ini dilakukan secara metode sampling aksidental. Hasil hipotesis penelitian secara signifikan atas kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan/tamu di Deaf Cafe Fingertalk dengan ditentukan oleh dimensi keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), dan Empati (X4) yang memiliki nilai pengaruh sangat signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Dewi, N., Komariah, N., & Suminar, R. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUSAJI PENYANDANG TUNARUNGU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEAF CAFE FINGER TALK. Jurnal Mebis, 6(2), 45–51. https://doi.org/10.33005/mebis.v6i2.223

Issue

Section

Articles