PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, SUASANA KAFE, DAN KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MOKKA COFFEE ENDE
DOI:
https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.83Keywords:
relationship marketing, loyalitas pengunjung, kepuasan pengunjung, kafe, suasana kafeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Pengaruh Relationship Marketing, Suasana Kafe, Dan Kepuasan Pengunjung Terhadap Loyalitas Pelanggan Mokka Coffee Ende dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang yang ditentukan berdasarkan kondisi pelanggan yang pernah berkunjung atau dengan metode Accidental Sampling. Data dianalisis menggunakan Smart PLS 3.0 untuk menguji validitas dan reliabilitas, besarnya outer loading dan nilai VIF. Selanjutnya dilakukakan bootsraping data untuk melihat pengaruh pada path Coeficients Analisisnya dan nilai R-square. Variabel dependen pada penelitian ini adalah loyalitas pelanggan, sedangkan variabel independennya terdiri dari relationship marketing, suasana kafe dan kepuasan pengunjung. Hasil analisis data menunjukan bahwa pengujian hipotesis yang dilakukan terhadap loyalitas pelanggan memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar dari variabel relationship marketing, suasana kafe, dan kepuasan pengunjung. Pengaruhnya hanya 41 persen sedangkan 59 persen dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti. Pengaruh masing-masing variabel, termasuk variabel relationship marketing sebesar 54,3 persen terhadap loyalitas pelanggan. Suasana kafe memiliki pengaruh 37,1 persen. Sedangkan kepuasan pengunjung memiliki pengaruh negative sebesar 13,9 persen terhadap loyalitas pelanggan di Mokka Coffee.