FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GREEN PURCHASE BEHAVIOR GENERASI MILENIAL DI INDONESIA

Authors

  • Vania Sutikno Universitas Surabaya
  • Dudi Anandya Universitas Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.161

Keywords:

produk ramah lingkungan, generasi milenial

Abstract

Dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan membuat generasi milenial menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, misalnya beralih mengonsumsi produk yang lebih ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku konsumen milenial di Indonesia terkait dengan attitude, subjective norm, perceived behavioral control, environmental concern, green purchase intention, willingness to pay premium, beserta pengaruhnya pada green purchase behavior. Responden pada penelitian ini berjumlah 141 orang, yang diambil dari generasi milenial di Indonesia yang pernah membeli produk ramah lingkungan dan terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Data yang didapatkan kemudian dianalisa menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SPSS 18.0 dan AMOS 22.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase intention, perceived behavioral control tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase behavior, green purchase intention berhubungan positif dan signifikan terhadap green purchase behavior, environmental concern berpengaruh positif terhadap attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan green purchase intention,  serta tidak ada pengaruh moderasi dari willingness to pay premium terhadap hubungan antara green purchase intention dan green purchase behavior.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Sutikno, V. ., & Anandya, D. . (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GREEN PURCHASE BEHAVIOR GENERASI MILENIAL DI INDONESIA. Jurnal Mebis, 6(1). https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.161

Issue

Section

Articles