STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL TERPADU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)

Authors

  • Hilarius Bambang Winarko Universitas Sampoerna
  • Ahmad Sihabudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mikhael Dua Universitas Katolik Atmajaya Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v5i1.103

Keywords:

Strategi, pemasaran digital, UMKM, milenial, media sosial

Abstract

Salah satu strategi komunikasi pemasaran digital produk dan jasa UMKM adalah
melalui penggunaan jejaring media sosial. Strategi ini membutuhkan suatu kerangka kerja yang
terpadu yang melibatkan setiap unsur dalam setiap pemangku kepentingan yang terlibat di
dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor penting yang berperan dalam
rekomendasi strategi tersebut, di antaranya faktor-faktor sosio-psikologis, faktor kredibilitas dan
faktor penerimaan/adopsi terhadap penggunaan teknologi baru. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa beberapa faktor sosio-psikologis memberikan kontribusi signifikan
terhadap arah pengembangan strategi komunikasi pemasaran terpadu produk dan jasa UMKM
Indonesia di masa yang akan datang. Hal ini akan mendorong peran kaum muda (milenial)
Indonesia dalam pengembangan industri kreatif dalam dunia ekonomi berbasis tekonologi
digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Bambang Winarko, H. ., Sihabudin, A., & Dua, M. . (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL TERPADU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM). Jurnal Mebis, 5(1), 58–68. https://doi.org/10.33005/mebis.v5i1.103

Issue

Section

Articles