STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL TERPADU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)
DOI:
https://doi.org/10.33005/mebis.v5i1.103Keywords:
Strategi, pemasaran digital, UMKM, milenial, media sosialAbstract
Salah satu strategi komunikasi pemasaran digital produk dan jasa UMKM adalah
melalui penggunaan jejaring media sosial. Strategi ini membutuhkan suatu kerangka kerja yang
terpadu yang melibatkan setiap unsur dalam setiap pemangku kepentingan yang terlibat di
dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor penting yang berperan dalam
rekomendasi strategi tersebut, di antaranya faktor-faktor sosio-psikologis, faktor kredibilitas dan
faktor penerimaan/adopsi terhadap penggunaan teknologi baru. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa beberapa faktor sosio-psikologis memberikan kontribusi signifikan
terhadap arah pengembangan strategi komunikasi pemasaran terpadu produk dan jasa UMKM
Indonesia di masa yang akan datang. Hal ini akan mendorong peran kaum muda (milenial)
Indonesia dalam pengembangan industri kreatif dalam dunia ekonomi berbasis tekonologi
digital.