STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA E-COMMERCE PADA MASYARAKAT SURABAYA
(Studi Deskriptif-Kualitatif Pada Produk Peralatan Olahraga)
DOI:
https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.143Keywords:
Facebook, e-commerce, perlengkapan olahragaAbstract
Indonesia di tahun 2014 melahirkan beberapa tokoh muda yang terkenal sebagai pebisnis dalam bidang e-commerce pada lingkup se-Asia Tenggara.Tetapi penelusuran awal penelitian memperlihatkan bahwa pemerintah melalui badan-badan perwakilannya tidak memiliki data resmi mengenai kegiatan e-commerce di Indonesia maupun di berbagai wilayah Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran para pelaku e-commerce dalam pemanfaatan jejaring sosial Facebook tentang produk perlengkapan olahraga kepada masyarakat Surabaya. Strategi adalah hal yang penting untuk dilakukan, yaitu menganalisis mengenai peluang pasar, pesaing dan penetapan pasar sasaran. Sumber data pada penelitian ini adalah sebanyak 3 orang narasumber (informan) dari anggota masyarakat yang menggunakan Facebook sebagai sarana e-commerce perlengkapan olahraga. Teknik analisa data yang dipergunakan yaitu teknik depth interview. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa E-commerce yang dilakukan dengan menggunakan Facebook diklasifikasikan kepada bauran komunikasi pemasaran langsung (direct marketing) dikarenakan hasil penelitian memperlihatkan pengakuan para narasumber yang tidak menggunakan media periklanan mana pun selain Facebook untuk memasarkan produk-produknya pada kegiatan e-commerce.