FACTORS AFFECTING ONLINE PURCHASE INTENTION: THE CASE OF INDONESIA’S E-COMMERCE

Authors

  • Aldi Wirawan Universitas Prasetiya Mulya
  • Camelia Nanie Sriyati Phaing Universitas Prasetiya Mulya
  • Erwin Darmo Panjaitan Universitas Prasetiya Mulya
  • Mas Arief, Taufan Irvansyah Universitas Prasetiya Mulya

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.160

Keywords:

Purchase Intention, Online Shopping, E-commerce, Promotion

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. Banyak strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya agar dapat dikenali dan diyakini dapat memenuhi kebutuhan konsumennya. Dalam menentukan strategi pemasaran tentunya perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa yang paling mempengaruhi dalam keputusan pembelian konsumen. Ketika perusahaan sudah mengetahui faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian maka hal tersebut akan memudahkan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat pembelian online khususnya yang terjadi pada e-commerce di Indonesia. Penelitian ini fokus pada tujuh faktor pengaruh pembelian yaitu kepercayaan, kompetensi bisnis, referensi grup, persepsi risiko, kemudahan dan kenyamanan, kesadaran kontrol perilaku dan promosi. Data diperoleh dari 274 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling melalui kuesioner yang didistribusikan melalui media sosial dengan menggunakan Google Form. Data hasil kuesioner dianalisis menggunakan metode regresi menunjukkan bahwa pengaruh faktor yang mempengaruhi sesuai dengan urutan yang paling mempengaruhi adalah promosi, kompetensi bisnis, kemudahan dan kenyamanan, referensi kelompok, dan kepercayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Wirawan, A. ., Phaing, C. N. S. ., Panjaitan, E. D. ., & Irvansyah, M. A. T. . (2023). FACTORS AFFECTING ONLINE PURCHASE INTENTION: THE CASE OF INDONESIA’S E-COMMERCE. Jurnal Mebis, 6(1). https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.160

Issue

Section

Articles