PENGARUH IKLAN HIJAU DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK ADES DI KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Reiga Ritomiea Ariescy Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Egan Evanzha Yudha Amriel Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Reivica Anindita R. I Fakultas Pertanian, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.64

Keywords:

Iklan hijau, kesadaran lingkungan, minat beli, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh iklan hijau dan kesadaran
lingkungan terhadap terhadap minat beli serta keputusan pembelian air minum dalam kemasan
merek Ades di Kabupaten Jember. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan desain
penelitian eksplanatori. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen air minum dalam kemasan
merek Ades di Kabupaten Jember. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden. Sampel
tersebt diambil menggunakan teknik purposive accidental sampling. Intrumen yang digunakan
adalah kuesioner berskala likert. Alat analisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa iklan hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
beli, namun iklan hijau tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kesadaran lingkungan
tidak berpengaruh terhadap minat beli, namun kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Minat beli signifikan
dalam memediasi pengaruh iklan hijau terhadap keputusan pembelian, namun minat beli belum
mampu memediasi pengaruh kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Ritomiea Ariescy, R. ., Evanzha Yudha Amriel, E. ., & Anindita R. I, R. . (2023). PENGARUH IKLAN HIJAU DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK ADES DI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Mebis, 4(2), 142–149. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.64

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.